Langsung ke konten utama

APA PERAN KURIKULUM DAN MENGAPA KURIKULUM BERUBAH-UBAH?

 


Oleh: Roni Hariyanto Bhidju, S.Pd 

Guru SDN Fatubai

Dinamika perubahan Kurikulum Nasional dalam dunia pendidikan telah menjadi topik perbincangan di kalangan akademisi, pendidik dan tokoh-tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Slogan “ganti menteri ganti kurikulum” masih terus di gaungkan baik secara lisan ataupun melalui komentar-komentar pada akun sosial media. Sikap penolakan terhadap perubahan kurikulum yang terjadi sepertinya telah menguras waktu, tenaga dan pikiran secara sia-sia jika hal tersebut dimanfaatkan untuk melihat fakta dan manfaat dari sebuah perubahan. Apa yang salah dari perubahan kurikulum?  Bukankah kurikulum bersifat dinamis? Sebelum kita mengetahui fakta alasan terjadinya perubahan kurikulum, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu kurikulum dan komponennya.

 

Apa itu kurikulum?

Sampai saat ini pengertian kurikulum yang mengikat secara universal belum ada. Namun kurikulum dapat dimaknai sebagai keseluruhan dari pengalaman belajar murid. Kurikulum bersifat kompleks dan multidimensi yang juga dapat dimaknai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

Ralph Tyler dalam bukunya yang berjudul “The Basic Pinciple of Curriculum” menyebutkan ada 4 komponen kurikulum. Keempat komponen tersebut adalah; (1) Tujuan; (2) Konten; (3) Metode atau cara dan; (4) Evaluasi. Pada umumnya di beberapa negara mengklasifikasikan komponen kurikulum menjadi 3 bagian yaitu; (1) Tujuan pembelajaran atau konten; (2) Panduan pedagogik dan; (3) Panduan asesmen.

Komponen-komponen yang ada digunakan untuk mendesain kurikulum dan pembelajaran berdasarkan kebutuhan murid mulai dari kompetensi apa yang akan dimiliki murid sampai proyeksi masa depan dan bagaimana cara mencapai kompetensi tersebut. Karena itu hal yang menjadi fokus pengembangan kurikulum adalah “Kemerdekaan murid dalam bealajar”. Tonton juga video keseruan Guru Pelosok disini

 Apa peran dan fungsi kurikulum?

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam Sistem Pendidikan Nasional. Kurikulum berperan sebagai acuan dan pedoman pembelajaran karena itu fungsi kurikulum bagi guru adalah untuk memandu proses belajar murid. Peran dan fungsi kurikulum dapat dioptimalisasikan dalam 3 kerangka yaitu; (1) Mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini; (2) Mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat kini dan masa yang akan datang; (3) Memilih dan menilai sesuatu yang relevan dan kontekstual sebagai kontrol sosial. Kondisi murid yang beragam budaya, adat istiadat, suku, agama dan bahasa harus menjadi pijakan awal dalam pengembangan kurikulum sehingga kurikulum dapat digunakan secara optimal sesuai konteks dimana satuan pendidikan berada.

Mengapa kurikulum harus berubah?

Guru sebagai ujung tombak implementasi kurikulum dalam pembelajaran harus tahu bahwa Kurikulum Nasional harus disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan. Oleh sebab itu pengembangan kurikulum diperlukan di satuan pendidikan. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan zamannya. Tuntutan dan perkembangan zaman yang terus berubah mengharapkan guru sebagai pemilik dan pengembang kurikulum harus melakukan adaptasi sesuai konteks dan karakteristik murid. Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai konteks dan karakteristik murid untuk mengembangkan kompetensi sesuai kebutuhan murid masa kini dan di masa yang akan datang. Atas dasar itulah maka mau tidak mau, suka tidak suka kurikulum memang harus diubah atau diadaptasi dengan segala kondisi.

Bagaimana sobat pembaca, apakah kita memiliki konsep berpikir yang sama? Tulis jawaban sobat pada kolom komentar. Dari pelosok, mari kita saling bergandengan tangan membangun Negeri melalui pendidikan.

#Salam Merdeka Belajar

#SALAM GURU PELOSOK

PMM Untuk Semua

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemah Paskah Pemuda GMIT Klasis TTU 2025: Melewati Salib Menuju Kemenangan

Oleh: Roni Hariyanto Bhidju, S. Pd,.Gr Kefamenanu, 1 April 2025 – Semangat Iman dan kebersamaan menyatu dalam pelaksanaan Kemah Paskah Pemuda GMIT Klasis Timor Tengah Utara (TTU) yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 1 hingga 3 April 2025, bertempat di Gereja Syalom Maumolo. Kegiatan yang penuh makna ini mengusung tema Melewati Salib Menuju Kemenangan , sebagai “refleksi” mendalam bagi pemuda GMIT dalam menjalani kehidupan beriman yang lebih kokoh. Hari pertama kemah paskah dibuka secara resmi dalam sebuah seremoni yang dihadiri oleh Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Kamillus Elu, SH, didampingi oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) TTU, Hendrik F. Bana, SH dan Hubertus Kun Bana, SH. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan pesan mendalam tentang makna salib dalam kehidupan umat Kristen. Menurutnya, salib bukan hanya simbol penderitaan, tetapi juga gambaran nyata tentang pengorbanan, ketaatan, dan solidaritas. Melalui salib, kita belajar tentang kasih yan...

Menghidupkan Nilai Budaya Timor melalui Refleksi dalam Pendidikan

Oleh: Roni Hariyanto Bhidju, S.Pd Refleksi adalah proses penting dalam pendidikan, yang memungkinkan guru untuk mengaktifkan, memahami, dan memperbaiki kualitas pengajaran. Refleksi menjadi jembatan antara pengalaman masa lalu dan upaya untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik di masa depan. Namun, di daratan Timor, konsep refleksi ini sebenarnya telah lama dikenal melalui tradisi budaya yang disebut Naketi. Dalam tradisi suku Dawan, naketi bukan sekadar diskusi, melainkan sebuah proses mendalam untuk menyelesaikan persoalan dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Naketi dilakukan dengan penuh kehormatan, kesabaran, dan ketulusan untuk menemukan solusi yang adil dan harmonis. Filosofi ini tidak hanya menjaga keseimbangan sosial dalam masyarakat, tetapi juga melatih setiap individu untuk lebih bijak dalam menghadapi tantangan. Ketika nilai-nilai naketi diadopsi ke dalam pendidikan, guru di Timor memiliki landasan yang kuat untuk menjalankan refleksi. Refleksi tidak hanya menj...

Bagaimana Kemah Paskah Pemuda GMIT Klasis TTU Menanam Iman dan Harapan?

  Oleh: Roni Hariyanto Bhidju, S.Pd.,Gr Kefamenanu, 2 April 2025 – Hari kedua Kemah Paskah Pemuda GMIT Klasis TTU yang berlangsung di Gereja Syalom Maumolo diisi dengan semangat kebersamaan, refleksi iman, dan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan utama hari ini adalah Outbond dan Penghijauan , yang tidak hanya menjadi aktivitas fisik tetapi juga memiliki makna mendalam tentang perjalanan iman dan tanggung jawab manusia dalam menjaga ciptaan Tuhan. Dalam kegiatan Outbond , peserta dibagi menjadi delapan kelompok dan melintasi alam dengan melewati empat pos pemandu . Setiap pos bukan sekadar tempat persinggahan, tetapi menjadi titik refleksi di mana peserta diajak untuk memahami nilai kebersamaan, kepemimpinan, serta ketangguhan dalam menghadapi tantangan hidup. Sebelum melanjutkan ke pos berikutnya, peserta mendapatkan arahan, tantangan, permainan, serta yel-yel penyemangat . Aktivitas ini mengajarkan bahwa perjalanan hidup sering kali penuh rintangan, namun dengan semanga...